Selasa, 27 November 2012

0 Levante V Barcelona 4


La Masia 100 Persen VALE NCIA-
Barcelona menyamai rekor start terbaik di Primera Division Spanyol yang dipegang Real Madrid selama 20 tahun setelah kemenangan 4-0 (0-0) atas tuan rumah Levante, kemarin dini hari. Lebih istimewa karena sempat menurunkan 100 persen pemain jebolan La Masia.
                Ya, cederanya Dani Alves pada menit ke-14 memaksa pelatih Barca Tito Vilanova memainkan Martin Montoya. Dengan begitu 11 pemain Barca di lapangan adalah jebolan La Masia. "Itu fakta yang membuat kami sangat bangga," kata Vilanova, seperti dikutip Reuters.
                 Hingga Jordi Alba dikeluarkan pada menit ke-75 dan digantikan dengan Adriano, selama 61 menit, Barca bermain dengan total 11 pemain binaan klub di lapangan. Prestasi yang sulit disamai klub elite Eropa lainnya. Apalagi rivalnya Real Madrid.
                Bertanding di Ciudad de Valencia, Levante sempat menyulitkan di babak pertama, tetapi gol pemecah kebuntuan akhirnya datang di awal babak kedua. Pada menit ke-47 Lionel Messi mencetak gol dan menggandakannya di menit ke-51.
                Setelah itu, giliran Andres Iniesta pada menit ke-57 dan Cesc Fabregas di menit ke-63. "Ini sungguh luar biasa. Semua pemain pernah dilatih dari tempat yang sama, La Masia. Ini hasil kerja keras bertahun-tahun," katan Xavi Hernandez, playmaker Barca.
                Keberhasilan itu, memenuhi impian mantan pelatih Barce Louis van Gaal. "Van Gaal suatu waktu pernah mengatakan impiannya melihat 11 pemain dalam satu tim berasal dari akademi sepak bola yang sama. Itu akhirnya jadi kenyataan," kata Xavi.
                Dari 11 pemain yang turun kemarin, terdapat tiga pemain yang lebih dulu merasakan karir di klub lain, meski sama-sama jebolan La Masia. Mereka adalah bek Gerard Pique yang pernah membela Manchester United, Fabregas (Arsenal), dan Alba (Valencia).
                Bagi Catalan yang sekarang sedang berjuang memerdekakan diri dari Spanyol, 11 pemain La Masia di lapangan juga kian menunjukkan La Masia sebagai simbol Catalan. Faktanya, terdapat delapan pemain asli Catalan. Yang bukan asli Catalan adalah Iniesta dari Marchengo, Pedro dari Tenerife, dan Lionel Messi dari Argentina.
                Kemenangan atas Levante juga membuat Barca terus menjaga keunggulannya atas Atletico Madrid yang terus menguntit. Barca berkuasa dengan 37 poin dan Atletico yang menang atas Sevilla 4-0 kemarin dini hari hanya berada tiga poin di belakangnya.
                "Kami puas karena unggul 11 poin atas Real Madrid, tetapi kami harus tetap memperbaiki diri di lapangan dan mencoba menjauhi tim yang berada pada peringkat kedua," lanjut Xavi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar