Sabtu, 19 Januari 2013

History : Profil Joan Gamper Pendiri FC Barcelona


Pengucapan dalam bahasa Katalan : [ʒuaŋ ɡəmpe];Lahir : 22 November 1877 - 30 Juli 1930

sebelumnya dikenal sebagai Hans Kamper ,adalah seorang pelopor sepak bola Swiss, pemain dan presidenklub. Ia mendirikan klub sepak bola di Swiss dan Catalonia(Spanyol), terutama FC Basel, FC Zurich dan FC Barcelona.

Hans Gamper-Max lahir di Winterthur, Swiss. Dia adalah anak sulung dan ketiga dari lima bersaudara  Ibunyameninggal karena TBC ketika ia berusia delapan Tahun,dan keluarganya pindah ke Basel.

Sebagai pemuda, Gamper adalah seorang Atlit sepeda dan Pelari .  Sepanjang hidupnya dia adalah seorang pecinta semua olahraga dan, selain sepak bola, dia juga bermain rugby, tenis dan golf. Di Swiss, ia sangat dianggap sebagai pesepakbola dan kapten klub di FC Basel dansalah satu pendiri dan pemain dari FC Zurich.

Pada tahun 1897, pekerjaan membawanya ke Lyon di Perancis, dimana dia bermainrugby untuk Athletique Union.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pendiri FC Barcelona

Pada tahun 1898 ia pergi ke Barcelona untuk mengunjungipamannya, Emili Gaissert, yang tinggal di sana. Dia sedang dalam perjalanan ke Afrika untuk membantu mendirikan perusahaanperdagangan gula . tapi jatuh cinta dengan kota Spanyol dan memutuskan untuk tinggal diam. Dia kemudian menjadiseorang pembicara Katalan fasih dan menerapkan namanya Versi Katalan Joan Gamper.

Sebagai seorang akuntan, ia mendapatkan pekerjaan dengan Crédit Lyonnais, PerusahaanKereta Api Sarria dan sebagai kolumnis olahraga, ia bekerja untukdua surat kabar Swiss. Dia bergabung dengan Gereja Injili lokalSwiss dan mulai bermain sepak bola dalam komunitas Protestanlokal di distrik Sarria-Sant Gervasi, Dia juga menghadiri SoleGimnasio dan membantu menerbitkan majalah, Los Deportes..


Iklan di Los Deportes (Surat Kabar harian)

Pada 22 Oktober 1899 Gamper sebuah iklan ditempatkan di LosDeportes menyatakan keinginannya untuk membentuk sebuah klubsepakbola. Sebuah respon positif menghasilkan pertemuan ditelapak Gimnasio pada tanggal 29 dan lahirlah Football Club Barcelona.

Para pendiri termasuk kumpulan penggemar Swiss, Inggris dan Spanyol. Tidak diketahui, jika Gamper memilih warna klublegendaris, blaugrana, setelah FC Basel. 

Namun, tim Swiss lainnyaGamper bermain, dan Sekolah Merchant Taylors 'di Crosby,Merseyside.Semua telah menghargai nya dan menganggapnya sebagai sumber Infirasi.

 Meskipun Gamper merupakan kekuatan pendorong di belakang klub, awalnya ia memilih hanya untuk menjadi anggotadewan dan kapten klub.ia ingin berkosentrasi di permainan nya waktu itu dia masih berusia 22 tahun merupakan pemain yang di kagumi dan di puji.

 Ia bermain 48 pertandingan untuk FC Barcelona antara 1899 dan1903, mencetak lebih dari 100 gol. Teman setimnya termasukArthur Witty. Pada 1900-1901 ia menjadi anggota dari timBarcelona FC yang memenangkan piala klub pertama, MacayaCopa. 

 Kompetisi ini sekarang diakui sebagai kejuaraan Katalanpertama. Pada tahun 1902 ia bermain di Copa del Rey pertamafinal. Barca kalah 2-1 kepada klub Vizcaya.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Club President

Pada tahun 1908 Joan Gamper menjadi presiden FC Barcelona untuk pertama kalinya.

Gamper mengambil alih kepresidenan sebagai klub itu di ambang lipat. Beberapa klub pemain yang lebih baik telah pensiun dan belum diganti.

Ini segera mempengaruhi penampilan klub baik di dalam dan luar lapangan. Klub tidak memenangkan apa pun sejak Campionat de Catalunya tahun 1905 dan keuangannya pun menderita.

 Dia kemudian presiden klub pada lima kesempatan terpisah (1908-09, 1910-13, 1917-19, 1921-23 dan 1924-25) dan menghabiskan wakti 25 tahun sebagai pemimpin.

Salah satu prestasi utamanya adalah untuk membantu Barca mendapatkan stadion sendiri.Sampai 1909 tim bermain di berbagai lahan, tidak satupun dari mereka yang dimiliki oleh klub. 


Gamper mengumpulkan dana dari bisnis lokal dan pada tanggal 14 Maret 1909, mereka pindah keCarrer Industria, sebuah stadion dengan kapasitas 6.000.

Ia jugameluncurkan kampanye untuk merekrut anggota klub lebih banyak .pada Tahun  1922 klub memiliki lebih dari 10.000. kembali bergerak

 kali ini untuk Corts Les.Stadion ini memiliki kapasitas awal 20.000, kemudian diperluas ke60.000 mengesankan.

Gamper juga merekrut pemain legendaris Paulino Alcantara, Top Score Sepanjang sejarah  dan pada tahun 1917 yang ditunjukJack Greenwell sebagai manajer.


 Ini melihat nasib klub mulaimeningkatkan di lapangan. Selama era Gamper FC Barcelonamemenangkan sebelas Championat de Catalunya, enam Copa delRey dan empat Coupe de Pyrénées dan menikmati usia pertamakeemasannya.

Selain Alcantara tim Barca di bawah Greenwall juga menyertakan Sagibarba, Ricardo Zamora, Josep Samitier, FélixSesúmaga dan Franz Platko.

Presiden terakhirnya berakhir dalam keadaan kontroversial dantragedi pribadi. Pada tanggal 24 Juni 1925, FC Barcelonapenggemar mengejek lagu kebangsaan Spanyol  dan kemudianmemuji Tuhan bintang sang Ratu dilakukan oleh sebuah band Royal Marine mengunjungi Inggris.Kediktatoran Primo de Rivera dituduhGamper yang mempromosikan nasionalisme Catalan. Les Cortsditutup selama enam bulan. Gamper bunuh diri setelah masadepresi disebabkan oleh masalah pribadi dan uang dan dikuburkandi Pemakaman dari Montjuic.


warisan

Pada tahun 1966, FC Barcelona presiden, Enric Llaudet, menciptakan Joan Gamper Trophy untuk menghormatinya. Ini adalah turnamen pra-musim yang menampilkan tim internasional sebagai tamu 

untuk mengenang jasa nya sebuah Jalan kota Kabupaten juga memberikan nama untuk Joan Gamper Carrer de Joan Gamper di Les Corts .

Pada tahun 2002 klub menandai ulang tahun ke 125 kelahirannya. Pada tahun 2004 WinterthurGroup, sebuah perusahaan asuransi Swiss dengan kantor diBarcelona sejak 1910, menjadi sponsor dari tim basket BarcelonaFC, yang menyebabkan tim yang menampilkan tempat kelahiranGamper di kaus mereka dan mereka nama FCB Winterthur sampai2007, setelah Winterthur grup dibeli oleh AXA. Mungkin ini dan fakta bahwa klub berkembang menjadi polideportivo,

 Hari ini Barcelona adalah "lebih dari sekedarklub sepak bola". Hal mempromosikan lagu amatir dan olahragalapangan dan memiliki rugby union dan tim bersepeda. Semua ini adalah olahraga yang dimainkan oleh Gamper. Barca juga memilikibola basket profesional, bola tangan dan hoki rol tim serta sepak bola dalam ruangan amatir, sepakbola wanita, voli, baseball dan tim hoki lapangan. Selama bertahun-tahun mereka bahkan memilikitim hoki es.

_______________________________________________________________________

Piala yang dimenangkan oleh klub selama Joan Gamper presidenCopa del Rey (3):1911-12, 1912-1913, 1924-1925 

Add caption

Tidak ada komentar:

Posting Komentar