Minggu, 28 Oktober 2012

Laporan Pertandingan: Vallecano 0-5 Barcelona


Tito marca a Leo Messi durante el Rayo Vallecano-Barcelona
Getty Images
Barcelona semakin memantapkan posisi mereka di puncak klasemen sementara Primera Liga Spanyol setelah meraih kemenangan telak atas Rayo Vallecano dini hari tadi (28/10).

Skuat asuhan Tito Vilanova tersebut berhasil memborbardir gawang tim tuan rumah dengan lima gol, melalui gol yang dicetak oleh David Villa, Cesc Fabregas, Xavi dan Lionel Messi (dua gol), sementara Vallecano tidak mampu membalas sama sekali.

Hasil tersebut membuat Barcelona kembali menjaga jarak dengan selisih tiga angka dari posisi kedua Atletico Madrid, yang baru akan menjalani pertandingan besok dini hari (29/10).

Babak PertamaRayo Vallecano sempat memberi tekanan kepada tim tamu pada 15 menit awal pertandingan. Namun, kesigapan lini pertahanan dan kiper Victor Valdes memaksa tuan rumah gagal memanfaatkan peluang yang mereka dapat.

Skuat asuhan Tito Vilanova perlahan mulai menemukan ritme permainan mereka, hasilnya Barcelona berhasil mencetak gol di menit ke-21, setelah David Villa memanfaatkan umpan Cesc Fabregas.

Pada menit ke-30, giliran Fabregas yang mendapatkan peluang emas untuk menambah keunggulan , namun kali ini tembakannya gagal menaklukkan Ruben. Kedudukan 1-0 tetap bertahan meski kedua tim memperoleh peluang untuk mencetak gol.

Babak Kedua

Barcelona langsung mengambil inisiatif serangan di paruh kedua ini. Hasilnya, mereka hanya membutuhkan tiga menit untuk menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Kali ini superstar asal Argentina, Lionel Messi, yang mencatatkan namanya di papan skor memanfaatkan umpan pemain muda, Montoya.

Tersengat gol cepat, Vallecano berusaha untuk membalas. Dalam beberapa menit, tim tuan rumah memperoleh dua peluang, di mana salah satunya berasal dari tembakan Javi Fuego, beruntung Victor Valdes masih sigap dalam mengamankan gawangnya, sehingga kedudukan tidak berubah.

Pada menit ke-61, Valdes kembali dipaksa melakukan penyelamatan yang gemilang. Terus ditekan melalui kedua sisi sayap. Pertahanan Barcelona akhirnya sedikit melonggar dan membuat Fuego berada cukup bebas di kotak penalti untuk melepaskan tembakan yang sayangnya kembali gagal menembus jala Barca karena ditahan oleh Valdes.

Asyik menyerang, Vallecano lengah dan hampir kembali kebobolan, umpan terobosan kepada Messi berhasil dijangkau. Beruntung, penyelesaian yang dilakukan pemain asal Argentina tersebut jauh dari sasaran. Messi memperoleh peluang lagi melalui tendangan bebas di menit ke-71, namun eksekusinya tidak dapat menaklukkan Ruben yang berhasil menangkap bola dengan sempurna.

Barcelona akhirnya berhasil memperlebar keunggulan menjadi 3-0 di menit ke-78. Akselerasi Jordi Alba gagal dihentikan oleh lini belakang Vallecano, dengan leluasa ia mengirim umpan mendatar kepada Xavi yang kemudian melepaskan tembakan yang kembali mengoyak jala tim tuan rumah.

Usai gol tersebut, moral Vallecano tampaknya sudah habis. Dua menit kemudian, Fabregas menggenapkan keunggulan menjadi 4-0 memanfaatkan umpan silang dari Pedro di sisi kiri pertahanan Vallecano.

Messi akhirnya mencatatkan gol keduanya di pertandingan ini di menit-menit akhir pertandingan. Mendapatkan umpan terobosan, ia membawa bola hingga melewati kiper dan dengan mudah memasukkan gol kelima Barcelona di laga ini.


Susunan pemain:


Barcelona: Valdés; Montoya, Song, Adriano, Alba; Sergio, Xavi, Cesc; Pedro, Villa, Messi.

Vallecano: Rubén; Tito, Rodri, Amat, Casado; J. Fuego, Chori, Leo; Piti, José Carlos, Delibasic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar